Mewujudkan Layanan Prima melalui Akreditasi Perpustakaan Cemerlang SMPN 2 Mendoyo

 

Penilaian Perpustakaan Cemerlang SMPN 2 Mendoyo (Dok Perpus)

Siapa yang tidak mendambakan sebuah perpustakaan yang tidak hanya sekadar tempat menyimpan buku, tetapi juga menjadi ruang inspirasi, inovasi, dan kolaborasi? Perpustakaan Cemerlang SMP Negeri 2 Mendoyo adalah destinasi yang menawarkan lebih dari sekadar koleksi buku. Perpustakaan di Indonesia terus berjuang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Bagaimana cara memastikan bahwa perpustakaan kita mampu memberikan layanan terbaik? Jawabannya ada pada akreditasi.

Akreditasi perpustakaan adalah proses penilaian formal yang dilakukan oleh lembaga independen untuk mengukur sejauh mana sebuah perpustakaan memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa perpustakaan memberikan layanan yang optimal kepada pemustaka dan sesuai dengan kebutuhannya. Akreditasi perpustakaan merupakan langkah penting untuk memastikan kualitas layanan perpustakaan. Dengan melibatkan tim asesor yang kompeten, proses akreditasi dapat berjalan efektif dan menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas perpustakaan.

Perpustakaan Cemerlang SMP Negeri 2 Mendoyo, telah mengikuti serangkaian proses untuk mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah tingkat nasional. Mulai dari tahap pemanggilan sekolah terpilih pada tanggal 5 Juni 2024, pendampingan/pembinaan dari perpustakaan daerah kabupaten jembrana pada tanggal 12 Juni 2024, tahap persiapan dokumen akreditasi dari tanggal 19 Juni 2024-11 Juli 2024, pengunggahan dokumen bukti dukung akreditasi pada tanggal 12 Juli 2024, dan tahap visitasi langsung untuk memastikan kondisi fisik perpustakaan pada tanggal 7 Agustus 2024.

Proses penilaian akreditasi berjalan dengan lancar dan kodusif, ditandai dengan kerjasama yang baik  antara tim asesor dan tim perpustakaan cemerlang SMP Negeri 2 Mendoyo. Seluruh dukomen dan data yang diminta telah disiapkan dengan lengkap dan akurat, sehingga mempermudah proses pencocokan instrumen penilaian dengan bukti fisik yang ada. Tim asesor memberikan apresiasi atas persiapan yang matang dan juga memberikan masukan yang konstruktif untuk peningkatan kualitas layanan di masa mendatang. Adapun komponen-komponen yang menjadi fokus pada akreditasi perpustakaan sekolah terdiri dari komponen utama dan komponen pendukung. Komponen utama terdiri dari koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, dan penyelenggaraan perpustakaan. Komponen pendukung terdiri dari inovasi dan kreativitas, tingkat kegemaran membaca, dan indeks pembangunan literasi masyarakat.



Hasil penilaian akreditasi oleh tim asesor menunjukkan bahwa Perpustakaan Cemerlang SMP Negeri 2 Mendoyo telah mencapai standar yang ditetapkan. Komitmen seluruh pihak dalam lembaga untuk mencapai akreditasi sangat terlihat sehingga menghasilkan hasil yang memuaskan. Hasil penilaian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam berbagai aspek, terutama aspek pengelolaan perpustakaan, inovasi dan kreativitas, dan tingkat kegemaran membaca. Hasil penilaian ini akan dijadikan sebagai tolak ukur bagi kami pengelola Perpustakaan Cemerlang SMP Negeri 2 Mendoyo untuk terus berbenah agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pemustaka.

Akreditasi bukanlah tujuan akhir, melainkan langkah awal menuju perpustakaan yang lebih baik. Dengan komitmen yang kuat dan kerja sama yang solid, kita dapat mewujudkan perpustakaan impian yang menjadi kebanggaan warga sekolah. Mari bersama-sama membangun perpustakaan yang tidak hanya memenuhi standar, tetapi juga mampu menginspirasi generasi mendatang. Akreditasi adalah langkah pertama, dan kita semua memiliki peran penting di dalamnya.

0 Comments